Kamis, 19 Mei 2016

Penelitian Tindakan Kelas Modul 2



MODUL 2
LANGKAH – LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS

KEGIATAN BELAJAR 1
 RENCANA DAN PELAKSAAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Langkah – dalam PTK merupakan satu daur atau siklus yang terdiri dari :
1.      Merencanakan perbaikan
2.      Melaksanakan tindakan
3.      Mengamati
4.      Melakukan refleksi

A.    Mengidentifikasi Masalah
Untuk merencanakan perbaikan terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah. Identifikasi masalah dapat diakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola.

B.     Menganalisis dan Merumuskan Masalah
Setelah masalah teridentifikasi, masalah perlu dianalisis dengan melakukan refleksi dan menalaah berbagai dokumen yang terkait. Dari hasil analisis, dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh guru. Masalah kemudian dijabarkan secara operasional agar dapat memandu usaha perbaikan.

C.     Merencanakan Perbaikan
Setelah masalah dijabarkan, langkah selanjutnya adalah mencari dan mengembangkan cara perbaikan, yang dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan, berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar, serta menggali pengalaman sendiri. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara perbaikan atau tindakan yang sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru, kemampuan siswa, sarana dan fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja di sekolah.

D.    Melaksanakan PTK
Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan scenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interprestasi dilakukan simultan. Actor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan sesuai dengan kaidah PTK, perlu diterapkan enam criteria sebagai berikut:
1.      Metodologi penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar.
2.      Pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak.
3.      Metodelogi harus reliable (handal) hingga guru dapat menerapkan strategi yang sesuai dengan situasi kelasnya.
4.      Masalah yang ditangani guru harus sesuai dengan kemamuan dan komitmennya.
5.      Guru harus memperhatikan berbagai aturan (etika) yang berkaitan dengan tugasnya.

6.      PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah.

Tidak ada komentar: