Rabu, 05 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS IDIK 4008 Modul 6 KB 1



MODUL 6
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


Kegiatan Belajar 1:
Hakikat Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


HAKIKAT LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.         Pengertian
            Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Hal. 566), laporan berasal dari kata lapor yang berarti segala sesuatu yang dilaporkan, sedangkan laporan penelitian dimaknai sebagai laporan berdasarkan penelitian terhadap suatu gejala. Maka laporan penelitian tindakan kelas (laporan PTK) sebagai laporan yang disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap suatu gejala, dalam hal ini perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelasnya sendiri.

2.         Manfaat Laporan PTK
            Laporan penelitian, termasuk laporan PTK menggambarkan mengapa satu penelitian dilakukan, apa landasan teorinya, bagaimana cara melakukannya, dan bagaimana hasilnya. Laporan penelitian mengungkap banyak hal tentang masalah yang diteliti. Andaikata laporan ini tidak ada, maka orang lain tidak akan pernah tahu tentang hasil penelitian tersebut. Laporan penelitian merupakan media yang sangat penting untuk mendiseminasikan hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian, sehingga masyarakat luas dapat mengetahuinya dan jika perlu menindaklanjuti hasil penelitian tersebut.

3.         Sistematika Laporan PTK
            Laporan penelitian tidak hanya dimanfaatkan oleh si peneliti/pembuat laporan itu sendiri, tetapi juga oleh orang lain. Yang dimaksud orang lain adalah orang yang member tugas, pesanan, atau dari penelitian serta orang-orang yang berkeinginan untuk mengetahui dan memanfaatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Karena itu, laporan harus runtut atau sistematis, logis, serta tertata sedemikian rupa sehingga bagian demi bagian laporan mudah ditemukan dan mudah dipahami.
            Sistematika laporan adalah penataan isi laporan berdasarkan komponen/bagian-bagian urutan antarkomponen laporan tersebut sehingga membentuk satu keutuhan yang baik. Komponen-komponennya adalah:
a.       Bab I: Pendahuluan: yang menggambarkan latar belakang dilakukannya penelitian, masalah penelitian, tujuan penelitian, landasan teori, dan manfaat penelitian.
b.      Bab II: Tinjauan Pustaka, yang memuat berbagai teori/konsep atau hasil-hasil penelitian yang terkait dengan penelitian yang dilakukan.
c.       Bab III: Metodologi, yang memuat desain penelitian, populasi dan sampel, teknik dan instrument pengumpulan data, prosedur penelitian, serta analisis data.
d.      Bab IV: Temuan dan Pembahasan, yang menyajikan hasil analisis data temuan yang didasarkan pada hasil analisis tersebut, serta pembahasan mengapa hasilnya seperti itu.
e.       Bab V: Kesimpulan dan Saran, yang memuat kesimpulan hasil penelitian serta saran yang dibuat berdasarkan kesimpulan tersebut.

Sistematika Laporan PTK yang dikeluarkan oleh Direktorat Pendiidkan Tinggi tahun 2004 , hal. 14 adalah:
1.      Abstrak, menyajikan saripati penelitian yang mencakup: latar belakang, tujuan, prosedur, dan hasil.
2.      Pendahuluan, memuat:
a.       Latar belakang
b.      Rumusan masalah
c.       Tujuan
d.      Manfaat
3.      Kajian Teori/Pustaka, menyajikan:
a.       Teori-teori terkait, hasil penelitian terdahulu
b.      Uapaya penulis membangun argument teoritik
c.       Pertanyaan penelitian dan hipotesis tindakan
4.      Pelaksanaan Penelitian menyajikan:
a.       Uraian tentang: tempat, waktu, mata pelajaran, dan karakteristik siswa di sekolah sebagai subjek penelitian
b.      Deskripsi setiap siklus, yang mencakup rancangan, pelaksanaan, pemantauan, dan instrument serta refleksi
5.      Hasil Penelitian dan Pembahasan, yang menyajikan:
a.       Uraian setiap siklus dengan data lengkap
b.      Perubahan tang terjadi
c.       Tabel/grafik
6.      Kesimpulan dan Saran, menyajikan:
a.       Simpulan hasil penelitian
b.      Saran tindak lanjut penelitian
7.      Daftar Pustaka
8.      Lampiran, memuat:
a.       Instrument penelitian
b.      Personalia tenaga peneliti, riwayat hidup masing-masing peneliti
c.       Data penelitian
d.      Bukti lain yang dikumpulkan selama pelaksanaan penelitian

Sistematika laporan PTK

Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Abstrak
Daftar Isi
A.    Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah (data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya masalah dipecahkan).
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian

B.     Kajian Pustaka
C.     Pelaksanaan Penelitian
A.    Subjek Penelitian (lokasi, waktu, mata pelajaran, kelas dan karakteristik siswa)
B.     Deskripsi per siklus (rencana, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data/instrument, refleksi)
D.    Hasil Penelitian dan Pemnbahasan
A.    Deskripsi per siklus (data tentang rencana, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan kegagalan, lengkap dengan data
B.     Pembahasan dari setiap siklus
E.     Kesimpulan dan Saran
A.    Kesimpulan
B.     Saran
Daftar Pustaka
Lampiran


SUBSTANSI KOMPONEN LAPORAN PTK

1.      Judul
Judul mencerminkan apa yang disajikan, sehingga dengan membaca judul, orang akan mengetahui apa yang ditemuinya dalam laporan tersebut. Dalam mencari judul perhatikan rambu-rambu berikut: (1) Singkat dan padat, (2) mengambarkan upaya perbaikan pembelajaran, dan (3) merupakan tindakan yang penting dalam upaya tersebut
2.      Abstrak.
Abstrak menyajikan saripati dari unsur-unsur penelitian, mulai dari permasalahan, tujuan, prosedur pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, sampai dengan kesimpulan dan saran. Abstrak yang baik tidak lebih dari setengah sampai satu halaman.
3.      Pendahuluan
Dalam pendahuluan dimuat: (1) latar belakang, mencakup identifikasi masalah dan analisis masalah, (2) rumusan masalah, (3) tujuan perbaikan (penelitian), dan (4) manfaat penelitian.
a.       Latar belakang
Bagian ini menjelaskan secara singkat mengapa kita melakukan penelitian ini. Latar belekang ini tidak terlalu luas dan jauh dari masalah agar tidak menimbulkan kesan klise.
b.      Perumusan masalah
Hasil analisis yang telah dilakukan menjurus kepada perumusan masalah yang ingin diatasi melalui penelitian.
c.       Tujuan penelitian
Tujuan penelitian terkait dengan tujuan perbaikan.
d.      Manfaat penelitian
Mencantumkan apa manfaat penelitian ini bagi dunia pendidikan, guru dan sekolah.


4.      Kajian Pustaka
Kajian pustaka merupakan landasan bagi kita dalam merencanakan tindakan perbaikan dan menjadi rujukan dalam membahas hasil penelitian.
5.      Pelaksanaan Penelitian
Bagian ini dimulai dengan subjek penelitian yang mencantumkan: temapt, waktu, mata pelajaran, dan karakteristik siswa. Setelah subjek penelitian, selanjutnya dicantumkan prosedur setiap siklus perbaikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, termasuk pengumpulan data dan refleksi.
6.      Hasil Penelitian dan Pembahasan
Hasil penelitian sesuai dengan urutan tujuan perbaikan/tujuan penelitian. Setiap sajian hasil dapat langsung disertai dengan pembahasan, yang merupakan alasan mengapa hasilnya seperti itu. Pembahasan ini harus dikaitkan dengann teori, pengalaman praktis, atau hasil penelitian yang terdapat dalam kajian pustaka. Umumnya pembahasan ini merupakan hasil refleksi yang dikaitkan dengan berbagai teori.
7.      Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dan saran disajikan sesuai dengan urutan tujuan penelitian.
8.      Daftar Pustaka
Daftar pustaka memuat semua sumber yang digunakan dalam menyusun laporan, termasuk surat keputusan atau undang-undang. Cara penulisan daftar pustaka salah satunya adalah gaya American Psychology Assosiation (APA). Daftar pustaka disusun secara menurut abjad, dimulai dengan nama belakang penulis, tahun, judul buku, kota terbit, dan nama penerbit.
9.      Lampiran
Lampiran mencantumkan berbagai hal yang terkait dengan laporan, seperti lembar observasi, data lengkap, catatan guru, gambar-gambar, atau dokumen.

Tidak ada komentar: