RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Siklus
I
Nama Sekolah : SDN 01 Mungo Kec. Luak Kab. Lima
Puluh Kota
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi :
5. Menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan bulat.
B. Kompetensi
Dasar :
5.2. Menjumlahkan
bilangan bulat.
C. Indikator :
1.
Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku positifnya lebih
besar dari pada nilai mutlak suku negatif
2.
Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku positifnya lebih
kecil dari pada nilai mutlak suku negatif
3.
Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku positifnya sama
besar dengan nilai mutlak suku negatif
4.
Menjumlahkan dua bilangan negatif
5.
Menjumlahkan bilangan nol dan bilangan negatif
D. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Siswa mampu :
1.
Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku positifnya lebih
besar dari pada nilai mutlak suku negatif
2.
Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku positifnya lebih
kecil dari pada nilai mutlak suku negatif
3.
Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku positifnya sama
besar dengan nilai mutlak suku negatif
4.
Menjumlahkan dua bilangan negatif
5.
Menjumlahkan dua bilangan positif
E. Materi
Pembelajaran
Penjumlahan
pada bilangan bulat
F. Metode
Pembelajaran
•Model
Pembelajaran : Ceramah dan diskusi
•Media
Pembelajaran : Kartu Berwarna
G.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan awal
·
Guru
membuka pelajaran dengan salam dan doa, kemudian guru menyampaikan tujuan
belajar dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh setiap siswa.
·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa dengan menginformasikan manfaat materi yang
akan dipelajari dalam matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru
melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa “Andi mempunyai 3
kelereng kemudian temannya memberi 5 kelereng lagi, berapa kelerang Andi
sekarang?”.
Kegiatan
inti
a.
Tahap penyajian materi
·
Guru
menjelaskan materi secara klasikal mengenai penjumlahan bilangan positif dan
bilangan negatif yang suku positifnya lebih besar dari nilai mutlak suku
negatif dan penjumlahan bilangan positif dan bilangan negatif yang suku
positifnya lebih kecil dari pada nilai mutlak suku negatif dengan menggunakan
alat peraga berupa Kartu Berwarna.
·
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
b. Tahap
mengerjakan tugas
·
Siswa dalam satu kelas diberikan tugas yang
berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat positif dan negative.
·
Guru memberikan perhatian lebih dan mengarahkan
siswa bekerja dalam menyelesaikan tugas.
·
Guru juga memandu siswa agar setiap siswa
menguasai materi dan saling membantu teman lain untuk menguasai materi.
·
Setelah siswa selesai mengerjakan tugas,
masing-masing siswa diberikan kesempatan untuk menjawab soal yang diberikan di
papan tulis kemudian guru bersama-sama siswa membahas hasilnya
c. Tahap tes
individual
·
Guru memberikan kuis kepada setiap siswa secara
individual.
·
Soal kuis disampaikan dengan cara lisan.
d. Tahap
penghitungan skor perkembangan individu
·
Guru bersama siswa menghitung skor perkembangan
individu setiap anak.
e. Tahap pemberian
penghargaan
·
Guru
bersama siswa menghitung skor masing- masing anak dan memberikan penghargaan
kepada anak dengan nilai tertentu.
Kegiatan
Akhir
·
guru bersama siswa menyimpulkan materi yang
sudah dipelajari.
·
Siswa mengerjakan soal evaluasi.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
H. Alat dan
Sumber Belajar Sumber balajar:
Burhan Mustakim.
(2008). Matematika untuk SD/MI kelas IV, BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan
Depdiknas.
I. Penilaian dan Tindak lanjut
Penilaian hasil
• Jenis tes :
Tertulis
• Bentuk tes :
Objektif
• Instrumen, kunci
jawaban dan teknik penyekoran
Instrumen
Tentukan jumlah dari
bilangan-bilangan berikut!
1. -9 + 14 = ……….
2. 4 + (-9) = ……..
3. -15 + (-4) = …….
4. 17 + (-21) =……..
5. -25 + (-11) = …….
6.
14 +(-14) = ……..
7. 21 + (-12) = …….
8. 19 + 19 = ….
9. -25 +16 = …..
10. -13 + (-21) = …….
Kunci Jawaban
1. +5
2. -5
3. -19
4. -4
5. -36
6. 0
7. +9
8. +38
9. -9
10.
-33
Tidak ada komentar:
Posting Komentar