Rabu, 05 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS IDIK 4008 Modul 6 KB 2





MODUL 6
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)



Kegiatan Belajar 2:
Menulis dan Mendesiminasikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas


A.        BERBAGAI KETENTUAN DALAM PENULISAN LAPORAN PTK

            Ada tiga ketentuan yang harus diperhatikan: (1) etika penulisan, (2) penggunaan bahasa tulis, dan (3) ketentuan teknis.
1.         Etika Penulisan Laporan Penelitian
            Dalam etika penulisan karya ilmiah/laporan penelitian ada beberapa butir atau komponen yang perlu diperhatikan, yang berkaitan dengan hak, kewajiban, dan tanggung jawab, serta merupakan aturan yang harus diikuti oleh penulis karya ilmiah/laporan penelitian. Selain hal tersebut, ada lagi butir yang harus diketahui oleh para peneliti:
a.       Kejujuran
Jujur berarti lurus hati, tulus, ikhlas, tidak bohong, tidak curang, atau berkata apa adanya. Penulis harus jujur kepada diri sendiri dan kepada masyarakat yang akan membaca tulisannya. Informasi atau data yang disampaikan dalam laporan haruslah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Jika mengutip ucapan seseorang, kemudian tidak mencantumkan sumber kutipan tersebut, berarti kita telah berlaku tidak jujur.
b.      Objektivitas
Objektivitas sangat berkaitan dengan kejujuran. Objektivitas yang tinggi akan mencerminkan hasil penelitian yang benar-benar sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya, sedangkan objektivitas yang rendah akan menurunkan harkat penelitian tersebut.
c.       Pengutipan
Jika mengutip pendapat orang lain, baik dalam bentuk kutipan langsung atau hanya mengambil inti sari dari pendapat yang disajikan, maka sumber kutipan tersebut harus dicantumkan secara jelas.

2.         Pengutipan Bahasa Tulis
            Dalam menulis laporan penelitian, kaidah-kaidah bahasa tulis harus diperhatikan dan diterapkan secara cermat. Ada empat kaidah bahasa yang sangat menentukan kualitas laporan, yaitu: (1) pilihan kata, (2) struktur kalimat, (3) pengembangan paragraph, dan (4) ejaan.
a.       Pilihan kata
Kata/istilah yang dipilih akan digunkan dalam kalimat, sedangkan kalimat akan digunakan dalam menyusun paragraph. Jika kata/istilah yang dipilih keliru, maka seluruh karya tulis akan sia-sia karena tidak mampu mencerminkan atau menampilkan apa yang ingin kita sampaikan.
b.      Struktur kalimat
Struktur kalimat mengikuti kaidah bahasa tulis.
c.       Pengembangan paragraph
Paragraph merupakan ungkapan satu kesatuan ide, gagasan, atau pikiran yang padu. Paragraph bukan kumpulan kalimat, tetapi susunan kalimat yang sangat padu yang masing-masing mempunyai peran atau fungsi dalam membentuk keutuhan ide, gagasan, atau pikiran yang diungkapkan.
d.      Ejaan
Ketika menulis laporan PTK, kita harus memperhatikan dengan cermat EYD, sehingga kualitas laporan menjadi lebih berbobot.

3.         Ketentuan Teknis
            Ketentuan teknis ada tiga, yaitu penomoran, cara mengutip, serta huruf, margin, dan spasi.
a.       Sistematika penomoran
Cara membantu pembaca untuk memahami hubungan atai kaitan bagian yang satu dengan bagian yang lain, biasanya digambarkan dengan penomoran. Agar penomoran mudah dipahami, biasanya disusun dalam bentuk system yang disebut sebagai sistematika penomoran. Cara penomoran yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan angka, abjad, atau campuran dari keduanya

b.      Teknik Pengutipan
Jika mencantumkan pendapat orang dalam laporan, maka sumber kutipan harus dicantumkan secara jelas dengan cara yang tepat.

c.       Huruf, margin, dan spasi
Jenis dan beasr huruf serta spasi, demikian pula jarak (margin) kiri kanan, sangat berpengaruh terhadap penampilan satu tulisan. Karena itu sebaiknya kita menggunakan aturan standar, yaitu Times New Roman atau Arial dengan font size sebesar 12. Jarak dari pinggir kertas (margin) yaitu: margin kiri sekitar 4 cm, margin kanan 3 cm, margin atas 4 cm, dan margin bawah 3 cm, sedangkan spasi yang digunakan adalah 1,5.


B.        MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK
1.         Hakikat Diseminasi
            Istilah diseminasi secara harfiah adalah menyebarluaskan. Tujuannya antara lain agar apa yang disebarluaskan tersebut diketahui oleh orang banyak terutama oleh mereka yang memerlukannya. Sasaran diseminasi PTK adalah guru dan pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan. Laporan PTK perlu didiseminasikan agar para guru lain mengetahui apa yang sudah pernah dikerjakan oleh sejawatnya dalam upaya memperbaiki pembelajaran.

2.         Cara Mendiseminasikan Laporan PTK
            Laporan PTK dapat didiseminasikan melalui berbagai cara, antara lain melalui media cetak dan pertemuan tatap muka. Penyebarluasan melalui media cetak dapat dilakukan, misalnya dengan mengubah laporan PTK menjadi sebuah artikel yang dapat dikirim ke jurnal ilmiah atau jurnal lain yang banyak dibaca oleh guru. Penyebarluasan laporan PTK, melalui pertemuan tatap muka dapat dilakukan secara terbatas dan secara luas.

Tidak ada komentar: