UH
Tema 1
Sub
Tema 3
PKN KD 3.4 Nama
: ...............................
1.
Kita
harus saling menghormati perbedaan pendapat saat berdiskusi agar ... .
a.
Terjadi
perselisihan c. menghasilkan
kesimpulan yang adil
b.
Pengetahuan
berkurang d. Dibenci
teman
2.
Rumah
adat, senjata tradisional, dan lagu daerah di indonesia memiliki sejarah dan
karakteristik yang ... .
a.
sama b. berbeda-beda c. bersaing d. modern
3.
Pernyataan
berikut yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan adalah ... .
a.
kita
tidak dapat menerima keragaman di indonesia
b.
keragaman
di indonesia telah terjadi sejak zaman dahulu kala
c.
keragaman
di indonesia harus kita satukan
d.
keragaman
bukan bukan halangan untuk melakukan kerja sama
4.
Kerja
sama dilakukan tanpa memandang keragaman baik keragaman agama, sosial, maupun
budaya. Dengan kerja sama maka ... .
a.
Dapat
mempererat tali persaudaraan b.
menambah keragaman antar masyarakat
b.
Mencegah
persatuan dan kesatuan d. Mendatangkan persaingan
5.
Berikut
contoh sikap kerja sama dalam keragaman agama adalah ... .
a.
Bersama-sama
membuat masakan tradisional
b.
Bermain
engklek bersama-sama
c.
Memberikan
kesempatan beribadah saat gotong royong kelas
d.
Berlatih
tarian daerah bersama-sama
Bahasa Indonesia KD 3.2
1.
Yang
dimaksud dengan membaca dalam hati adalah ... .
a.
Membaca
dengan cermat c.
membaca tanpa mengeluarkan suara
b.
Membaca
dengan nyaring d. Membaca dengan teliti
Sudah
seminggu yang lalu mak salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu
tetangganya membuat adonan dodol ketan, gula merah gula pasir dan santan
dicampur menjadi satu. Membuat dodol betawi membutuhkan kerjasama. Tidak hanya
perem puan, laki-lakijuga terlibat dalam pembuatannya biasanya mak salmah dan
ibuibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan
dituang kedalam kawah, lalu diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan
terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama.oleh karena
itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.
2.
Gagasan
pokok yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ... .
a.
Proses
pembuatan dodol mak salmah
b.
Laki-laki
dan perempuan bersama2 membuat dodol
c.
Dodol
dibuat dari bahan baku sedimen
d.
Manusia
membutuhkan kerja sama dengan sesamanya dalam kehidupan sehari-hari
3.
Hubuangan
antar gagasan dalam paragraf pada teks diatas adalah ... .
a.
Tidak
berkaitan c. saling berkaitan
b.
Saling
bertentangan d.
Berdiri sendiri
4.
Gagasan
pokok biasanya terdapat pada ... .
a.
Kalimat
utama c.
gagasan pendukung
b.
Kalimat
penjelas d.
Judul paragraf
5.
Yang
menjelaskan dan mendukung inti cerita dalam suatu paragraf adalah ... .
a.
Kalimat
utama c.
gagasan pendukung
b.
Inti
paragraf d.
Judul paragraf
Matematika KD 3.12
1. Gambar berikut mempunyai sisi
sebanayak ... .
a.
4 c.
12
b.
6 d. 16
2. Nama benda berikut yang merupakan
segi banyak adalah ... .
a.
Uang
logam c. botol
b.
Ban
sepeda motor d. penggaris
3. Banyak
sudut pada gambar disamping adalah ... .
a.
3 c.
5
b.
4 d.
6
4. Gambar busur disamping sudut AOB
besarnya adalah ... ..
a.
105 c.
110
b.
75 d.
70
5. jumlah besar sudut bangun segi
empat adalah ... .
a.
900 b. 1800 c. 3600 d. 7200
Ilmu Pengetahuan Alam KD 3.6
1. Bunyi apabila mengenai suatu
permukaan yang keras akan ... .
a.
merambat b. membias c. diserap d.
memantul
2. Benda berikut yang dapat memantulkan
bunyi adalah ... .
a. spons b. karet c. kain d. dinding
3. Jika bunyi mengenai benda yang
permukaannya halus seperti kain dan karpet, bunyi akan ... .
a.
memantul b. merambat c. diserap d. membias
4. Pantulan bunyi yang terdengar
kurang jelas karena bunyi yang dihasilkan dari pemantulan bercampur dengan bunyi
asli disebut ... .
a.
gaung b.
gema c. getaran d. gelombang
5. Tempat yang biasanya memakai
peredam bunyi adalah ... .
a.
dapur b.
studio musik c. rumah sakit d.
Rumah makan
Ilmu Pengetahuan Sosial KD 3.6
1. Nasi jamblang adalah makanan khas
dari daerah ... .
a. madiun b.
surabaya c. cirebon d. yogyakarta
2. Rumah adat yang berasal dari
sumatera barat adalah ... .
a.
rumah
joglo b. rumah gadang c. kesepuhan d. badui
3. Suku asmat dan suku dani terdapat
di propinsi ... .
a.
papua b . D.I. Yogyakarta c. kalimantan barat d. NTB
4. Lompat batu yang disebut dengan
fahombo batu merupakan tradisi daerah ... .
a.
aceh b. jambi c. pulau nias d.
lampung
5. Setiap daerah di indonesia
memiliki lagu daerah, makanan tradisional, upacara adat, dan
kebiasaan-kebiasaan yang berbeda-beda. Hal ini merupakan kekayaan negara
indonesia yang berupa ... .
a.
keragaman
sosial b. keragaman budaya c. keragaman agama d. Keragaman ekonomi
Seni Budaya dan Prakarya KD 3.2
1. Gerakan nyempurit merupakan
bagian dari gerak dasar ... .
a.
kaki b. tangan c. kepala d. lengan
2. Iringan tari bungong jeumpa
adalah ... .
a.
gamelan b.
gitar c. tepuk
tangan d. Lagu bungong jeumpa
3. Formasi yang paling tepat saat
menari tari bungong jeumpa adalah ... .
a.
melingkar b. vertikal c.
horizontal d. diagonal
4. Gerakan pada gambar disamping
disebut gerakan ... .
a.
ukel b. sembahan c. tumpang tali d. capang
5. Saat menampilkan gerak tari,
gerakan harus sesuai dengan ... .
a. iringan c. teman c. tema d.
urutan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar