MODUL 6
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Kegiatan Belajar
1:
Hakikat Laporan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
HAKIKAT LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. Pengertian
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
(Hal. 566), laporan berasal dari kata lapor yang berarti segala sesuatu yang
dilaporkan, sedangkan laporan penelitian dimaknai sebagai laporan berdasarkan
penelitian terhadap suatu gejala. Maka laporan penelitian tindakan kelas (laporan
PTK) sebagai laporan yang disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan secara
sistematis terhadap suatu gejala, dalam hal ini perbaikan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru di kelasnya sendiri.
2. Manfaat Laporan PTK
Laporan penelitian, termasuk laporan
PTK menggambarkan mengapa satu penelitian dilakukan, apa landasan teorinya,
bagaimana cara melakukannya, dan bagaimana hasilnya. Laporan penelitian
mengungkap banyak hal tentang masalah yang diteliti. Andaikata laporan ini
tidak ada, maka orang lain tidak akan pernah tahu tentang hasil penelitian
tersebut. Laporan penelitian merupakan media yang sangat penting untuk
mendiseminasikan hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian, sehingga
masyarakat luas dapat mengetahuinya dan jika perlu menindaklanjuti hasil
penelitian tersebut.
3. Sistematika Laporan PTK
Laporan penelitian tidak hanya
dimanfaatkan oleh si peneliti/pembuat laporan itu sendiri, tetapi juga oleh
orang lain. Yang dimaksud orang lain adalah orang yang member tugas, pesanan,
atau dari penelitian serta orang-orang yang berkeinginan untuk mengetahui dan
memanfaatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Karena itu, laporan harus
runtut atau sistematis, logis, serta tertata sedemikian rupa sehingga bagian
demi bagian laporan mudah ditemukan dan mudah dipahami.
Sistematika laporan adalah penataan
isi laporan berdasarkan komponen/bagian-bagian urutan antarkomponen laporan
tersebut sehingga membentuk satu keutuhan yang baik. Komponen-komponennya
adalah:
a.
Bab
I: Pendahuluan: yang menggambarkan latar belakang dilakukannya penelitian,
masalah penelitian, tujuan penelitian, landasan teori, dan manfaat penelitian.
b.
Bab
II: Tinjauan Pustaka, yang memuat berbagai teori/konsep atau hasil-hasil
penelitian yang terkait dengan penelitian yang dilakukan.
c.
Bab
III: Metodologi, yang memuat desain penelitian, populasi dan sampel, teknik dan
instrument pengumpulan data, prosedur penelitian, serta analisis data.
d.
Bab
IV: Temuan dan Pembahasan, yang menyajikan hasil analisis data temuan yang
didasarkan pada hasil analisis tersebut, serta pembahasan mengapa hasilnya
seperti itu.
e.
Bab
V: Kesimpulan dan Saran, yang memuat kesimpulan hasil penelitian serta saran
yang dibuat berdasarkan kesimpulan tersebut.
Sistematika Laporan PTK yang dikeluarkan
oleh Direktorat Pendiidkan Tinggi tahun 2004 , hal. 14 adalah:
1.
Abstrak,
menyajikan saripati penelitian yang mencakup: latar belakang, tujuan, prosedur,
dan hasil.
2.
Pendahuluan,
memuat:
a.
Latar
belakang
b.
Rumusan
masalah
c.
Tujuan
d.
Manfaat
3.
Kajian
Teori/Pustaka, menyajikan:
a.
Teori-teori
terkait, hasil penelitian terdahulu
b.
Uapaya
penulis membangun argument teoritik
c.
Pertanyaan
penelitian dan hipotesis tindakan
4.
Pelaksanaan
Penelitian menyajikan:
a.
Uraian
tentang: tempat, waktu, mata pelajaran, dan karakteristik siswa di sekolah
sebagai subjek penelitian
b.
Deskripsi
setiap siklus, yang mencakup rancangan, pelaksanaan, pemantauan, dan instrument
serta refleksi
5.
Hasil
Penelitian dan Pembahasan, yang menyajikan:
a.
Uraian
setiap siklus dengan data lengkap
b.
Perubahan
tang terjadi
c.
Tabel/grafik
6.
Kesimpulan
dan Saran, menyajikan:
a.
Simpulan
hasil penelitian
b.
Saran
tindak lanjut penelitian
7.
Daftar
Pustaka
8.
Lampiran,
memuat:
a.
Instrument
penelitian
b.
Personalia
tenaga peneliti, riwayat hidup masing-masing peneliti
c.
Data
penelitian
d.
Bukti
lain yang dikumpulkan selama pelaksanaan penelitian
Sistematika
laporan PTK
Halaman
Judul
Lembar
Pengesahan
Abstrak
Daftar
Isi
A.
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang Masalah (data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah,
dan pentingnya masalah dipecahkan).
B.
Rumusan
Masalah
C.
Tujuan
Penelitian
D.
Manfaat
Penelitian
B.
Kajian
Pustaka
C.
Pelaksanaan
Penelitian
A.
Subjek
Penelitian (lokasi, waktu, mata pelajaran, kelas dan karakteristik siswa)
B.
Deskripsi
per siklus (rencana, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data/instrument,
refleksi)
D.
Hasil
Penelitian dan Pemnbahasan
A.
Deskripsi
per siklus (data tentang rencana, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan
kegagalan, lengkap dengan data
B.
Pembahasan
dari setiap siklus
E.
Kesimpulan
dan Saran
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
SUBSTANSI
KOMPONEN LAPORAN PTK
1.
Judul
Judul mencerminkan apa yang disajikan, sehingga
dengan membaca judul, orang akan mengetahui apa yang ditemuinya dalam laporan
tersebut. Dalam mencari judul perhatikan rambu-rambu berikut: (1) Singkat dan padat,
(2) mengambarkan upaya perbaikan pembelajaran, dan (3) merupakan tindakan yang
penting dalam upaya tersebut
2.
Abstrak.
Abstrak menyajikan saripati dari unsur-unsur
penelitian, mulai dari permasalahan, tujuan, prosedur pelaksanaan penelitian,
hasil dan pembahasan, sampai dengan kesimpulan dan saran. Abstrak yang baik
tidak lebih dari setengah sampai satu halaman.
3.
Pendahuluan
Dalam pendahuluan dimuat: (1) latar belakang,
mencakup identifikasi masalah dan analisis masalah, (2) rumusan masalah, (3)
tujuan perbaikan (penelitian), dan (4) manfaat penelitian.
a.
Latar
belakang
Bagian
ini menjelaskan secara singkat mengapa kita melakukan penelitian ini. Latar
belekang ini tidak terlalu luas dan jauh dari masalah agar tidak menimbulkan
kesan klise.
b.
Perumusan
masalah
Hasil
analisis yang telah dilakukan menjurus kepada perumusan masalah yang ingin
diatasi melalui penelitian.
c.
Tujuan
penelitian
Tujuan
penelitian terkait dengan tujuan perbaikan.
d.
Manfaat
penelitian
Mencantumkan apa
manfaat penelitian ini bagi dunia pendidikan, guru dan sekolah.
4.
Kajian
Pustaka
Kajian pustaka merupakan landasan bagi kita dalam
merencanakan tindakan perbaikan dan menjadi rujukan dalam membahas hasil
penelitian.
5.
Pelaksanaan
Penelitian
Bagian ini dimulai dengan subjek penelitian yang mencantumkan:
temapt, waktu, mata pelajaran, dan karakteristik siswa. Setelah subjek
penelitian, selanjutnya dicantumkan prosedur setiap siklus perbaikan, mulai
dari perencanaan, pelaksanaan, termasuk pengumpulan data dan refleksi.
6.
Hasil
Penelitian dan Pembahasan
Hasil penelitian sesuai dengan urutan tujuan
perbaikan/tujuan penelitian. Setiap sajian hasil dapat langsung disertai dengan
pembahasan, yang merupakan alasan mengapa hasilnya seperti itu. Pembahasan ini
harus dikaitkan dengann teori, pengalaman praktis, atau hasil penelitian yang
terdapat dalam kajian pustaka. Umumnya pembahasan ini merupakan hasil refleksi
yang dikaitkan dengan berbagai teori.
7.
Kesimpulan
dan Saran
Kesimpulan dan saran disajikan sesuai dengan urutan
tujuan penelitian.
8.
Daftar
Pustaka
Daftar pustaka memuat semua sumber yang digunakan
dalam menyusun laporan, termasuk surat keputusan atau undang-undang. Cara
penulisan daftar pustaka salah satunya adalah gaya American Psychology Assosiation (APA). Daftar pustaka disusun
secara menurut abjad, dimulai dengan nama belakang penulis, tahun, judul buku,
kota terbit, dan nama penerbit.
9.
Lampiran
Lampiran mencantumkan berbagai hal yang terkait
dengan laporan, seperti lembar observasi, data lengkap, catatan guru,
gambar-gambar, atau dokumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar