RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 Mungo
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 2
Tema 7 : Indahnya
Keragaman
Sub Tema 3 : Indahnya
Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7 Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Indikator
·
Menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan.
·
Menuliskan pokok pikiran setiap paragraf
dalam bacaan dengan rinci.
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengidentifikasi
macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan
manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik,
gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Indikator
·
Menjelaskan
tentang gaya magnet.
·
Menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mencermati
teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sulit dan artinya dari
teks bacaan dengan cermat.
2. Setelah berdiskusi,
siswa mampu menuliskan pokok pikiran setiap
paragraf dalam bacaan dengan rinci.
3. Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya magnet dengan tepat.
4. Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Pokok pikiran dalam setiap paragraf dalam teks
bacaan.
·
Gaya magnet.
·
Melakukan percobaan gaya gravitasi.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Model : Pembelajaran berbasis penyingkapan (discovery).
·
Metode : Penugasan, diskusi, tanya jawab, unjuk kerja,
ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber Belajar
·
Buku Guru, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema 7 : Indahnya Keragaman, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, Jakarta: 2016.
·
Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema 7 : Indahnya Keragaman, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, Jakarta: 2016.
Media/Alat Belajar
·
Uang logam, magnet, benda-benda dari bahan logam
dan bukan logam.
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
· Guru mengecek kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
· Menginformasikan sub tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Indahnya
Persatuan dan Kesatuan Negeriku”.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa membaca teks berjudul
”Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan
Sikap Ini”.
Mengekplorasi
·
Siswa berdiskusi membuat daftar kata
sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia
lalu menuliskan dalam buku catatannya.
·
Siswa berdiskusi untuk
menentukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.
· Guru menunjuk
beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka.
·
Guru membimbing agar adanya perbedaan pendapat
antarkelompok siswa dapat memperkaya wawasan siswa.
Mengekplorasi
· Siswa
melakukan percobaan untuk mengamati benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet.
·
Siswa melanjutkan percobaan
untuk mengetahui interaksi dua buah magnet.
Mengasosiasi
· Siswa
berdiskusi untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan hasil percobaan.
· Guru membimbing
siswa untuk membuat kesimpulan percobaan berdasarkan data hasil pengamatan.
·
Guru menjelaskan cara kerja
alat yang menggunakan magnet, misalnya kompas.
Mengekplorasi
· Siswa
melakukan percobaan untuk membuktikan adanya gaya gravitasi.
· Siswa
berdiskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan yang telah dilakukan.
·
Siswa diajak bertanya jawab untuk mengetahui
manfaat dari gaya magnet dan gaya gravitasi.
|
35 menit x 30 JP
|
Penutup
|
· Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
· Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
· Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
· Melakukan penilaian hasil belajar
· Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
•
Berdiskusi menemukan kata sulit dan artinya serta pokok pikiran setiap paragraf
teks bacaan
Bentuk
Penilaian: Nontes
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD
Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
Aspek
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
Dapat menyebutkan
arti kata-kata sulit dalam teks
|
Dapat menyebutkan arti lebih
dari tiga kata sulit dalam teks.
|
Dapat menyebutkan arti tiga
kata sulit dalam teks.
|
Dapat menyebutkan arti dua
kata sulit dalam teks.
|
Dapat menyebutkan arti satu
kata sulit dalam teks.
|
Kemampuan menyusun
pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut dan kosakata baku.
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap paragraf dengan runtut dan kosakata baku dengan benar
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap paragraf dengan runtut tetapi masih ada kosakata tidak baku.
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap paragraf dengan kosakata baku tetapi tidak runtut.
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap paragraf tidak runtut dan dengan kosakata tidak baku.
|
Keterampilan berbicara
saat berdiskusi
|
Pengucapan kata-kata
secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti.
|
Pengucapan katakata di
beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti.
|
Pengucapan katakata tidak
begitu jelas tapi masih dapat dipahami maksudnya oleh pendengar.
|
Pengucapan kata-kata
secara ke- seluruhan tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti.
|
•
Melakukan percobaan tentang gaya magnet dan percobaan tentang gaya gravitasi
Bentuk
Penilaian: Kinerja
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD
IPA 3.3 dan 4.3.
Aspek
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
Kerja sama
|
Seluruh anggota saling
bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
|
Terdapat satu siswa yang
tidak mau bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
|
Terdapat dua siswa yang
tidak mau bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
|
Terdapat lebih dari dua
siswa yang tidak mau bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
|
Sikap
|
Seluruh anggota kelompok
terlihat bersungguhsungguh saat melakukan percobaan.
|
Beberapa Anggota kelompok
terlihat bersungguhsungguh saat melakukan percobaan.
|
Banyak anggota kelompok bermain-main namun masih melakukan
percobaan.
|
Semua anggota kelompok
tidak serus mengerjakan percobaan .
|
Keterampilan berbicara
saat membahas hasil percobaan
|
Pengucapan kata-kata
secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti.
|
Pengucapan kata-kata di beberapa
bagian jelas dan dapat dimengerti.
|
Pengucapan katakata tidak
begitu jelas tapi masih dapat dipahami maksudnya oleh pendengar.
|
Pengucapan katakata secara
keseluruhan tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( Syafri. A, S.Pd )
NIP. 19620816 198308 1 001
|
|
Mungo, Maret 2017
Guru Kelas IV
( Jon Nizar )
NIP. 19810605 2014008 1 005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar