Selasa, 04 April 2017

contoh RPP kurtilas kls 4 SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SDN 01 Mungo
Kelas / Semester               :  IV (Empat) / 2
Tema 7                             :  Indahnya Keragaman
Sub Tema 3                      :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Pembelajaran                  :  1
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.7    Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7    Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Indikator
·         Menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan.
·         Menuliskan pokok pikiran setiap  paragraf dalam bacaan dengan rinci.

IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.3    Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3    Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Indikator
·         Menjelaskan tentang gaya magnet.
·         Menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan dengan cermat.
2.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pokok pikiran setiap  paragraf dalam bacaan dengan rinci.
3.   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya magnet dengan tepat.
4.   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Pokok pikiran dalam setiap paragraf dalam teks bacaan.
·         Gaya magnet.
·         Melakukan percobaan gaya gravitasi.

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan  :  Saintifik
·         Model           :  Pembelajaran berbasis penyingkapan (discovery).
·         Metode         :  Penugasan, diskusi, tanya jawab, unjuk kerja, ceramah

F.      SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber Belajar
·         Buku Guru, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema 7 : Indahnya Keragaman, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, Jakarta: 2016.
·         Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema 7 : Indahnya Keragaman, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, Jakarta: 2016.
Media/Alat Belajar
·         Uang logam, magnet, benda-benda dari bahan logam dan bukan logam.

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
·     Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·     Menginformasikan sub tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku”.
10 menit
Inti
Mengamati
·     Siswa membaca teks berjudul ”Supaya  Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.

Mengekplorasi
·     Siswa berdiskusi membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
·     Siswa berdiskusi untuk menentukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.
·     Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka.
·     Guru membimbing agar adanya perbedaan pendapat antarkelompok siswa dapat memperkaya wawasan siswa.

Mengekplorasi
·     Siswa melakukan percobaan untuk mengamati benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet.
·     Siswa melanjutkan percobaan untuk mengetahui interaksi dua buah magnet.

Mengasosiasi
·     Siswa berdiskusi untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan hasil percobaan.
·     Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan percobaan berdasarkan data hasil pengamatan.
·     Guru menjelaskan cara kerja alat yang menggunakan magnet, misalnya kompas.

Mengekplorasi
·     Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan adanya gaya gravitasi.
·     Siswa berdiskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan yang telah dilakukan.
·     Siswa diajak bertanya jawab untuk mengetahui manfaat dari gaya magnet dan gaya gravitasi.
35 menit x  30 JP
Penutup
·     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·     Melakukan penilaian hasil belajar
·     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
• Berdiskusi menemukan kata sulit dan artinya serta pokok pikiran setiap paragraf teks bacaan
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Dapat menyebutkan arti kata-kata sulit dalam teks
Dapat menyebutkan arti lebih dari tiga kata sulit dalam teks.
Dapat menyebutkan arti tiga kata sulit dalam teks.
Dapat menyebutkan arti dua kata sulit dalam teks.
Dapat menyebutkan arti satu kata sulit dalam teks.
Kemampuan menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut dan kosakata baku.
Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut dan kosakata baku dengan benar
Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut tetapi masih ada kosakata tidak baku.
Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan kosakata baku tetapi tidak runtut.
Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf tidak runtut dan dengan kosakata tidak baku.
Keterampilan berbicara saat berdiskusi
Pengucapan kata-kata secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti.
Pengucapan katakata di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti.
Pengucapan katakata tidak begitu jelas tapi masih dapat dipahami maksudnya oleh pendengar.
Pengucapan kata-kata secara ke- seluruhan tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti.

• Melakukan percobaan tentang gaya magnet dan percobaan tentang gaya gravitasi
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3.
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Kerja sama
Seluruh anggota saling bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
Terdapat satu siswa yang tidak mau bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
Terdapat dua siswa yang tidak mau bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
Terdapat lebih dari dua siswa yang tidak mau bekerja sama dan berbagi tugas saat melakukan percobaan.
Sikap
Seluruh anggota kelompok terlihat bersungguhsungguh saat melakukan percobaan.
Beberapa Anggota kelompok terlihat bersungguhsungguh saat melakukan percobaan.
Banyak anggota  kelompok bermain-main namun masih melakukan percobaan.
Semua anggota kelompok tidak serus mengerjakan percobaan .
Keterampilan berbicara saat membahas hasil percobaan
Pengucapan kata-kata secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti.
Pengucapan kata-kata di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti.
Pengucapan katakata tidak begitu jelas tapi masih dapat dipahami maksudnya oleh pendengar.
Pengucapan katakata secara keseluruhan tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti. 


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Syafri. A, S.Pd )
NIP. 19620816 198308 1 001

Mungo,        Maret 2017
Guru Kelas IV



( Jon Nizar )
NIP. 19810605 2014008 1 005

Tidak ada komentar: