MODUL
3
MERANCANG
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Kegiatan Belajar
2: Rencana dan Proposal PTK
A. RENCANA PERBAIKAN
Menuangkan
alternatif perbaikan menjadi sebuah rencana yang siap untuk dilaksanakan dapat
dibuat dalam bentuk format Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) yang pada
dasarnya sama dengan format Rencana Pembelajaran (RP) sehari-hari. Hanya saja
pada RPP terdapat tambahan-tambahan komponen yang terkait dengan perbaikan.
Agar
mampu mengembangkan RPP dengan akurat, langkah yang bisa ditempuh adalah
sebagai berikut:
1.
membuat scenario pembelajaran
2.
mempersiapkan fasilitas, sarana, dan prasarana
yang diperlukan dalam melaksanakan tindakan perbaikan, termasuk mempersiapkan
alat peraga yang dibutuhkan.
3.
Menyusun RPP lengkap
4.
Melakukan simulasi perbaikan, yang hasilnya
dapat digunakan untuk memperbaiki scenario pembelajaran.
B. MENENTUKAN DAN MEMPERSIAPKAN PROSEDUR DAN INSTRUMEN PENGUMPUL
DATA
Pengumpul
data utama PTK adalah guru, namun jika guru merasa sibuk untuk mengumpulkan
data sendiri, ia dapat meminta teman sejawat untuk berperan sebagai observer.
Cara yang digunakan dapat melalui observasi, wawancara atau melihat rekaman
data siswa. Instrumen yang digunakan adalah alat perekam dan lembar observasi
dan pedoman wawancara. Yang harus diingat adalah, cara dan instrumen pengumpul
data harus sesuai dengan tujuan perbaikan.
C. PROPOSAL PTK
1. Hakikat
Proposal PTK
Proposal
atau usulan merupakan satu dokumen yang berisi tentang rencana suatu kegiatan
pendidikan yang dirancang oleh para pengusulnya. Proposal PTK, hakikatnya tidak
jauh berbeda dari proposal dalam bidang penelitian lainnya. Proposal diajukan
oleh guru atau tim.
2. Formal
Proposal PTK
Format
proposal PTK secara umum meliputi komponen-komponen sebagai berikut :
a.
Pendahuluan yang berisi latar belakang masalah
b.
Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian
c.
Kerangka Teoritis
d.
Metodologi Penelitian
Format PTK yang dikeluarkan oleh Ditjen
Dikti pada Tahun 2004 adalah sebagai berikut:
a.
Judul
Judul
PTK harus singkat dan jelas, namun mampu menggambarkan masalah yang diteliti,
tindakan perbaikan, hasil yang diharapkan, dan tempat penelitian.
b.
Bidang
kajian
Bidang
kajian berkaitan dengan masalah pembelajaran yang menjadi fokus PTK yang
diusulkan.
c.
Pendahuluan
Pendahuluan
mencakup deskripsi tentang masalah pembelajaran, proses identifikasi dan
analisis masalah, penyebab/akar masalah, serta alasan mengapa penting untuk
diatasi.
d.
Perumusan
dan Pemecahan Masalah
Rumusan
masalah dibuat dalam bentuk kalimat Tanya dan merupakan masalah penelitian.
e.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian harus sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan. PTK pada
umumnya bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil perbaikan.
f.
Manfaat
penelitian
Menjelaskan
manfaat penelitian bagi guru, siswa dan institusi (sekolah/LPTK)
g.
Kajian
Pustaka
Mencantumkan
kajian konsep, teori, atau penelitian lain yang relevan dengan permasalahan dan
tindakan yang dirancang.
h.
Rencana
dan Prosedur Penelitian
Bagian
ini memuat:
1)
Subjek
penelitian, tempat, waktu, dan lama tindakan
2)
Langkah-langkah
PTK terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
evaluasi-refleksi.
i.
Jadwal
penelitian
Memuat
semua kegiatan penelitian yang jadwalnya dibuat dalam bentuk tabel khusus
disebut dengan Gantt Chart.
j.
Biaya
Penelitian
Mencantumkan
secara rinci biaya yang diperlukan dalam penelitian.
k.
Personalia
Penelitian
Memuat
identitas tim peneliti serta perannya dalam penelitian.
l.
Daftar
pustaka
Memuat semua
sumber yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian.
m.
Lampiran
Pada umumnya yang dilampirkan adalah: instrument
penelitian, riwayat hidup tim peneliti, dan surat keterangan lain yang
diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar