Rabu, 05 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS IDIK 4008 Modul 3 KB 2



MODUL 3
MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS
 

Kegiatan Belajar 2: Rencana dan Proposal PTK

A.        RENCANA PERBAIKAN
Menuangkan alternatif perbaikan menjadi sebuah rencana yang siap untuk dilaksanakan dapat dibuat dalam bentuk format Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) yang pada dasarnya sama dengan format Rencana Pembelajaran (RP) sehari-hari. Hanya saja pada RPP terdapat tambahan-tambahan komponen yang terkait dengan perbaikan.
Agar mampu mengembangkan RPP dengan akurat, langkah yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:
1.      membuat scenario pembelajaran
2.      mempersiapkan fasilitas, sarana, dan prasarana yang diperlukan dalam melaksanakan tindakan perbaikan, termasuk mempersiapkan alat peraga yang dibutuhkan.
3.      Menyusun RPP lengkap
4.      Melakukan simulasi perbaikan, yang hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki scenario pembelajaran.

B.        MENENTUKAN DAN MEMPERSIAPKAN PROSEDUR DAN INSTRUMEN PENGUMPUL DATA
Pengumpul data utama PTK adalah guru, namun jika guru merasa sibuk untuk mengumpulkan data sendiri, ia dapat meminta teman sejawat untuk berperan sebagai observer. Cara yang digunakan dapat melalui observasi, wawancara atau melihat rekaman data siswa. Instrumen yang digunakan adalah alat perekam dan lembar observasi dan pedoman wawancara. Yang harus diingat adalah, cara dan instrumen pengumpul data harus sesuai dengan tujuan perbaikan.

C.        PROPOSAL PTK
1.         Hakikat Proposal PTK
            Proposal atau usulan merupakan satu dokumen yang berisi tentang rencana suatu kegiatan pendidikan yang dirancang oleh para pengusulnya. Proposal PTK, hakikatnya tidak jauh berbeda dari proposal dalam bidang penelitian lainnya. Proposal diajukan oleh guru atau tim.



2.         Formal Proposal PTK
Format proposal PTK secara umum meliputi komponen-komponen sebagai berikut :
a.       Pendahuluan yang berisi latar belakang masalah
b.      Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian
c.       Kerangka Teoritis
d.      Metodologi Penelitian

Format PTK yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti pada Tahun 2004 adalah sebagai berikut:
a.       Judul
Judul PTK harus singkat dan jelas, namun mampu menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan perbaikan, hasil yang diharapkan, dan tempat penelitian.

b.      Bidang kajian
Bidang kajian berkaitan dengan masalah pembelajaran yang menjadi fokus PTK yang diusulkan.

c.       Pendahuluan
Pendahuluan mencakup deskripsi tentang masalah pembelajaran, proses identifikasi dan analisis masalah, penyebab/akar masalah, serta alasan mengapa penting untuk diatasi.

d.      Perumusan dan Pemecahan Masalah
Rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat Tanya dan merupakan masalah penelitian.

e.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian harus sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan. PTK pada umumnya bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil perbaikan.

f.       Manfaat penelitian
Menjelaskan manfaat penelitian bagi guru, siswa dan institusi (sekolah/LPTK)

g.      Kajian Pustaka
Mencantumkan kajian konsep, teori, atau penelitian lain yang relevan dengan permasalahan dan tindakan yang dirancang.

h.      Rencana dan Prosedur Penelitian
Bagian ini memuat:
1)      Subjek penelitian, tempat, waktu, dan lama tindakan
2)      Langkah-langkah PTK terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi.

i.        Jadwal penelitian
Memuat semua kegiatan penelitian yang jadwalnya dibuat dalam bentuk tabel khusus disebut dengan Gantt Chart.

j.        Biaya Penelitian
Mencantumkan secara rinci biaya yang diperlukan dalam penelitian.

k.      Personalia Penelitian
Memuat identitas tim peneliti serta perannya dalam penelitian.

l.        Daftar pustaka
Memuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian.

m.    Lampiran
Pada umumnya yang dilampirkan adalah: instrument penelitian, riwayat hidup tim peneliti, dan surat keterangan lain yang diperlukan.

Tidak ada komentar: