Rabu, 05 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS IDIK 4008 Modul 3 KB 1



MODUL 3
MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Kegiatan Belajar 1: Langkah-langkah Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas

A.        LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENEMUKAN DAN MERUMUSKAN MASALAH
Dalam merencanakan PTK, langkah awal yang harus ditempuh adalah mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran sehari-hari.

1. Identifikasi Masalah
Untuk mengidentifikasi masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melakukan refleksi untuk mendiagnosis pembelajaran yang kita kelola. Diagnosis dilakukan secara kontinyu dari proses ke proses, melihat hasil belajar siswa atau melakukan diskusi dengan teman sejawat atau kalau perlu dengan kepala sekolah. Jika masalah sudah ditemukan, kita dapat menggunakan kriteria berikut untuk menguji apakah masalah yang kita temukan layak diatasi dengan PTK ( Abimanyu, Tim Pelatih proyek PGSM, 1999 ):
a. Jangan memilih masalah yang tidak Anda kuasai.
b. Ambillah topik yang skalanya kecil dan relativ terbatas.
c. Pilih masalah yang dirasakan paling penting bagi kita dan siswa.
d. Kaitkan masalah PTK dengan prioritas rencana pengembangan sekolah.

2. Menganalisis masalah
Masalah yang kita hadapi dalam pembelajaran tentu harus segera kita selesaikan agar tidak berlarut-larut. Namun sebelum kita menyelesaikannya terlebih dahulu harus diketahui apa yang menjadi penyebab masalah tersebut. Tanpa menemukan akar penyebab yang benar, kita tidak mungkin dapat mengatasinya secara tepat.
Analisis masalah dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :
1.      Merenungkan kembali masalah tersebut dengan melakukan introspeksi / refleksi melalui pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri mengapa masalah tersebut sampai terjadi.
2.      Bertanya kepada siswa melalui angket maupun wawancara langsung tentang persepsinya terhadap pembelajaran.
3.      Menelaah berbagai dokumen seperti pekerjaan rumah siswa, soal-soal ulangan, serta hasil ulangan atau latihan siswa. Analisis berakhir jika akar penyebab masalah sudah ditemukan.. Akar penyebab masalah merupakan titik tolak dari tindakan perbaikan yang akan dilakukan oleh guru. Jika penyebab ini tidak ditemukan secara tepat, maka tindakan perbaikanpun tidak akan berhasil.

3. Merumuskan Masalah
Setelah melakukan analisis masalah dan menemukan penyebab masalah, kita harus merumuskan masalah pembelajaran yang kita hadapi dalam bentuk masalah penelitian yang dapat dipecahkan dengan kegiatan PTK. Rumusan masalah yang dibuat haruslah dibuat dalam bentuk kalimat tanya dan aspek yang akan diperbaiki serta upaya memperbaikinya.

B. MENGEMBANGKAN ALTERNATIF TINDAKAN
Sebelum menyusun alternatif tindakan, kita harus membuat hipotesis atau jawaban sementara. Ada 3 hal yang harus diingat ketika mengembangkan alternatif tindakan yakni:
1.      mengkaji teori dan hasil penelitian yang terkait dengan masalah yang dihadapi
2.      berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar dibidangnya
3.      mengingat kembali pengalaman dalam mengalami masalah serupa
Dengan begitu, hipotesis kita tidak asal jadi tetapi melalui kajian dan pertimbangan. Disamping itu harus terukur (measurable) dan dapat dilaksanakan (applicable).

Tidak ada komentar: