MODUL
3
MERANCANG
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Kegiatan
Belajar 1: Langkah-langkah Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas
A. LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENEMUKAN DAN
MERUMUSKAN MASALAH
Dalam
merencanakan PTK, langkah awal yang harus ditempuh adalah mengidentifikasi
masalah dalam pembelajaran sehari-hari.
1. Identifikasi Masalah
Untuk
mengidentifikasi masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti
melakukan refleksi untuk mendiagnosis pembelajaran yang kita kelola. Diagnosis
dilakukan secara kontinyu dari proses ke proses, melihat hasil belajar siswa
atau melakukan diskusi dengan teman sejawat atau kalau perlu dengan kepala
sekolah. Jika masalah sudah ditemukan, kita dapat menggunakan kriteria berikut
untuk menguji apakah masalah yang kita temukan layak diatasi dengan PTK (
Abimanyu, Tim Pelatih proyek PGSM, 1999 ):
a.
Jangan memilih masalah yang tidak Anda kuasai.
b.
Ambillah topik yang skalanya kecil dan relativ terbatas.
c. Pilih
masalah yang dirasakan paling penting bagi kita dan siswa.
d.
Kaitkan masalah PTK dengan prioritas rencana pengembangan sekolah.
2. Menganalisis masalah
Masalah
yang kita hadapi dalam pembelajaran tentu harus segera kita selesaikan agar
tidak berlarut-larut. Namun sebelum kita menyelesaikannya terlebih dahulu harus
diketahui apa yang menjadi penyebab masalah tersebut. Tanpa menemukan akar
penyebab yang benar, kita tidak mungkin dapat mengatasinya secara tepat.
Analisis
masalah dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :
1.
Merenungkan kembali masalah tersebut dengan melakukan
introspeksi / refleksi melalui pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri
mengapa masalah tersebut sampai terjadi.
2.
Bertanya kepada siswa melalui angket maupun
wawancara langsung tentang persepsinya terhadap pembelajaran.
3.
Menelaah berbagai dokumen seperti pekerjaan
rumah siswa, soal-soal ulangan, serta hasil ulangan atau latihan siswa.
Analisis berakhir jika akar penyebab masalah sudah ditemukan.. Akar penyebab
masalah merupakan titik tolak dari tindakan perbaikan yang akan dilakukan oleh
guru. Jika penyebab ini tidak ditemukan secara tepat, maka tindakan
perbaikanpun tidak akan berhasil.
3. Merumuskan Masalah
Setelah
melakukan analisis masalah dan menemukan penyebab masalah, kita harus
merumuskan masalah pembelajaran yang kita hadapi dalam bentuk masalah
penelitian yang dapat dipecahkan dengan kegiatan PTK. Rumusan masalah yang
dibuat haruslah dibuat dalam bentuk kalimat tanya dan aspek yang akan
diperbaiki serta upaya memperbaikinya.
B. MENGEMBANGKAN ALTERNATIF TINDAKAN
Sebelum
menyusun alternatif tindakan, kita harus membuat hipotesis atau jawaban
sementara. Ada 3 hal yang harus diingat ketika mengembangkan alternatif
tindakan yakni:
1.
mengkaji teori dan hasil penelitian yang
terkait dengan masalah yang dihadapi
2.
berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar
dibidangnya
3.
mengingat kembali pengalaman dalam mengalami
masalah serupa
Dengan
begitu, hipotesis kita tidak asal jadi tetapi melalui kajian dan pertimbangan.
Disamping itu harus terukur (measurable) dan dapat dilaksanakan (applicable).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar