Rabu, 05 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS IDIK 4008 Modul 5 KB 1



MODUL 5
MENGANALISIS DAN MENGINTERPRETASIKAN DATA SERTA MENINDAKLANJUTI HASIL PTK


KEGIATAN BELAJAR 1: ANALISIS, PENYAJIAN, DAN INTERPRETASI DATA

A.        HAKIKAT ANALISIS, PENYAJIAN, DAN INTERPRETASI
            Analisis data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar. Interpretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Tanpa melakukan analisis kita tidak mungkin dapat menjawab pertanyaan yang mendorong kita melakukan penelitian.
            Data yang dikumpulkan oleh guru yang juga berperan sebagai peneliti merupakan data kualitatif yang dianalisis secara kualitatif-deskriptif. Ada tiga langkah dalam menganalisis data kualitatif: (1) menyeleksi dan menfokuskan, dan mengorganisasikan data sesuai dengan pertanyaan penelitian, (2) mendeskripsikan dan menyajikan data dalam bentuk narasi (uraian), tabel atau grafik, (3) menarik kesimpulan dalam bentuk formula atau narasi singkat.
            Analisis, penyajian, dna interpretasi hasil analisis diperlukan untuk:
1.      Data dapat dibaca dengan mudah
2.      Peneliti dapat memaknai data tersebut
3.      Data dapat diinterpretasikan
4.      Pertanyaan peneliti dapat dijawab


B.        MENGANALISIS DAN MENYAJIKAN DATA
            Data yang dikumpulkan dalam PTK cenderung merupakan data kualitatif, karena itu analisis data dilakukan secara kualitatif-deskriptif.

Analisis dan Penyajian Data:
Data skor latihan dianalisis dengan membuat tabulasi dan persentase. Daftar skor diolah dengan mengelompokkan/menghitung jumlah nilai yang sama, presentase, dan skor rata-rata. Hasil analisis dapat disajikan dalam bentuk tabel.

Menginterpretasikan/Menafsirkan data:
Setelah menyajikan hasil analisis data dari pengamat dan catatan guru diinterpretasikan/ditafsirkan. Semua tergantung dari cara penyajian data. data yang disajikan akan memandu kita membuat tafsiran yang paling tepat.

            Analisis yang akurat dan cara penyajian yang tepat akan memungkinkan tafsiran/interpretasi hasil penelitian yang akurat dan valid. Karena itu, guru harus berhati-hati melakukan analisis. Agar mampu melakukan analisis data, guru harus banyak melakukan latihan dan bekerja dalam kelompok.

Tidak ada komentar: