Rabu, 05 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS IDIK 4008 Modul 4 KB 1



MODUL 4
MELAKSANAKAN PERBAIKAN DALAM PEMBELAJARAN

KEGIATAN BELAJAR 1
PERBEDAAN PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PELAKSANA PTK

A.        PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR SERTA SEBAGAI PENGAJAR DAN PENELITI

Tahap kegiatan pembelajaran sebagai pengajar maupun sebagai pengajar dan peneliti:
1.         Tahap Persiapan
            Persiapan yang dibuat oleh guru pada umumnya dalam bentuk rencana pembelajaran (RP). Komponen RP yang bisa digunakan guru sebagai pengajar maupun sebagai pengajar dan peneliti adalah: tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi. Namun RP untuk pelaksanaan PTK lebih rinci dari pada RP untuk pembelajaran rutin. Guru harus mampu mengembangkan setiap komponen dalam RP, selain itu guru yang melaksanakan PTK perlu menetapkan criteria keberhasilan, sesuai dengan tujuan perbaikan. Kriteria keberhasilan ini tentu tidak semuanya berkaitan dengan hasil belajar, tetapi juga ada yang berkaitan dengan proses belajar, jika ini yang ingin diperbaiki oleh guru.

2.         Tahap Pelaksanaan Pembelajaran
            Peran guru pelaksana PTK sangat berbeda dari peran guru yang hanya bertugas mengajar. Guru yang mengajar hanya menfokuskan diri pada pembelajaran, maka guru yang melaksanakan PTK mempunyai peran lain yaitu sebagai peneliti. Sebagai pengajar guru menfokuskan diri pada pembelajaran dan kemudian sebagai peneliti juga menfokuskan diri pada pengumpulan data. Aspek yang menjadi perhatian guru pelaksana PTK:
a.       Kegiatan awal: kegiatan ini menarik perhatian dan minat perserta didik menghadapi pelajaran yang akan disajikan.
b.      Kegiatan inti: merupakan kegiatan untuk mencapai kompetensi/TIK yang dirancang dalam RP.
c.       Kegiatan penutup: untuk memeriksa pemahaman siswa dan menindaklanjuti hasil belajar.

3.         Tahap Pasca Pembelajaran
            Hal yang harus dilakukan guru setelah pelajaran selesai:
a.       Menghimpun/merangkum catatan yang dibuat selama pembelajaran
b.      Berdialog dengan siswa bila diperlukan
c.       Berdiskusi dengan teman sejawat untuk membahas data yang dikumpulkan
d.      Melakukan refleksi
e.       Merangkum hasil perbaikan pembelajaran
f.       Merangkum penyebab belum tercapainya perbaikan yang dirangkum.

B.        MEMBANGUN KOLABORASI
            Kolaborasi/kerja sama sangat penting dalam PTK. Guru pelaksana PTK sangat perlu membangun kolaborasi dengan teman sejawat, baik di sekolah sendiri maupun dari sekolah lain, serta dengan pakar bidang studi dan dosen LPTK. Kolaborasi perlu dilakukan agar masalah yang dihadapi dapat dianalisis secara cermat, kemudian direncanakan tindakan perbaikan yang sesuai dengan hakikat masalah, teori yang relevan, serta pengalaman di bidang yang serupa. Kolaborasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pertemuan KKG, PKG, pendekatan pribadi, dan melalui media.

Tidak ada komentar: