MODUL
4
MELAKSANAKAN
PERBAIKAN DALAM PEMBELAJARAN
KEGIATAN BELAJAR
2
MELAKSANAKAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Pelaksanaan tindakan perbaikan harus
diawali dengan persiapan akhir, yang meliputi pemeriksaan/pengecekan berbagai
kegiatan/ aspek berikut.
a.
Komponen
Rencana Perbaikan secara keseluruhan.
b.
Kelogisan/kualitas
pertanyaan yang akan diajukan
c.
Ketersediaan
alat-alat pelajaran yang diperlukan.
d.
Mencobakan
alat-alat pelajaran yang akan digunakan.
e.
Urutan
kegiatan pada setiap tahap
f.
Kesiapan
lembar observasi yang akan digunakan.
g.
Kesiapan
teman sejawat untuk membantu sebagai pengamat jika memang diperlukan
Semua kegiatan ini perlu dilakukan untuk
meyakinkan keberhasilan tindakan perbaikan. Setelah melakukan persiapan akhir,
guru siap untuk melakukan tindakan perbaikan.
Pelaksanaan tindakan perbaikan
berlangsung di kelas guru sendiri sesuai dengan rencana perbaikan yang telah
disiapkan. Selama pelaksanaan perbaikan, di samping mengajar, guru mengumpulkan
data, yang dapat dilakukan dengan bantuan teman sejawat atau tanpa bantuan.
Oleh karena itu, guru perlu membuat catatan jika ada kesempatan, atau segera
mencatat peristiwa penting setelah pelajaran usai.
Keberhasilan tindakan perbaikan banyak
tergantung dari keyakinan guru akan langkah-langkah yang telah disiapkan,
kesiapan guru untuk melakukan perbaikan, dan tentu saja komitmen dan kerja
keras.
Refleksi dilakukan setelah data
pembelajaran diolah, atau setelah guru mempunyai gambaran tentang
keberhasilan/kegagalan atau kekuatan/ kelemahan tindakan perbaikan yang
dilakukan. Kekuatan ingatan dan kejujuran dalam melakukan refleksi akan sangat
membantu guru menemukan kekuatan dan kelemahan tindakan perbaikan yang telah
dilakukan, sehingga dapat dihasilkan masukan yang bermakna bagi perencanaan
daur berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar