Rabu, 05 April 2017

STRATEGI PEMBELAJARAN DI SD PDGK 4105 Modul 11 KB 2





MODUL 11
DISIPLIN KELAS



KEGIATAN BELAJAR 2
STRATEGI PENANAMAN DAN PENANGANAN DISIPLIN KELAS

A.    PANDANGAN TERHADAP PENANAMAN DAN PENANGANAN DISIPLIN KELAS

Sikap atau pandangan akanberpengaruh pada cara guru menangani disiplin kelas. Berikut ini ada beberapa pandangan:
1.      Pandangan yang menyatakan bahwa guru harus berusaha agar siswa mengerjakan apa yang diinginkan oleh guru. Siswa tidak perlu tahu mengapa dia harus mengerjakan hal tersebut atau siswa juga tidak perlu tahu apakah yang dikerjakannya tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Pandangan ini secara keras dikritik oleh Kohn (1996), yang menginginkan adanya perubahan dalam cara memandang disiplin kelas. Pandangan pertama ini berfokus pada kepentingan guru dan berfokus pada guru (teacher centered)
2.      Kohn (1996) menegaskan bahwa guru seharusnya mulai dengan pertanyaan: “apa yang diperlukan oleh anak-anak, dan bagaimana cara saya untuk memenuhi kebutuhan tersebut?”. Cara pandang ini berfokus pada kepentingan siswa, bukan pada kepentingan guru. Seperti makna dari semboyan Bapak Pendidikan Nasional kita Ki Hajar Dewantara yakni guru haruslah menjadi contoh apabila berada didepan, jika berada ditengahharus mampu mendorong siswa untuk berkarya, serta akhirnya jika berada dibelakang, guru ahrusmendorong siswa kedepan agar mampu bertanggung jawab. Alasan yagn mendasar ialah jika kita menginginkan anak mampu menjadi manusia yang bertanggung jawab dalam masyarakat maka sejak berada di bangku sekolah kesempatan itu harus diberikan kepada siswa.
3.      Winzer (1995), menyatakan bahwa pendekatan yang berhasil dalam membangun disiplin adalah pendekatan yang menghormati hak individu, mendorong peningkatan konsep diri siswa, serta memupuk kerja sama. Member peluang kepada siswa untuk mengambil keputusan sehingga ia merasa dihargai, yang akhirnya bermuara pada konsep diri yang lebih positif.
4.      Pandangan humanistic yang menekankan pada kemanusiaan. Pandangan ini mengemukakan perlunya komunikasi yang terbuka dan jujur antara orang tua dan anak-anak atau antara guru dan siswa sehingga guru tahu apa yang tidak disukai dan yang disukai anak.
5.      Pandangan kaum behaviorism, yang berpendapat bahwa perilaku dapat dipelajari dan dikontrol. Hukuman dan penguatan merupakandua hal yang dianjurkan untuk digunakan dalam menegakkan disiplin. Dengan member penguatan, perilaku yang diharapkan dapat ditingkatkan, sedangkandengan member hukuman, perilaku yang kurang baik dapat dihilangkan.


B.     STRATEGI PENANAMAN DISIPLIN KELAS

Apakah kita harus membuat aturan dikelas dan mendiktekannya kepada siswa, kemudian menempelkannya di dinding kelas?. Tidak ada yang salah dengan cara ini, tetapi sebagai guru mungkin dapat membuat tata tertib yang kadang-kadang menakutkan itu menjadi hal yang disenangi dan dipatuhi anak-anak.
Beberapa cara dalam menanamkan disiplin kelas:
1.      Modelkan tata tertib yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Contoh nyata merupakan alat mengajar /mendidik yang terbaik, terutama bagi anak-anak SD. Misalnya jika ingin anak-anak tidak terlamabat, kita harus mencontohkannya dengan datang sebelum waktunya atau tepat waktu, jika aturan menyatakan bahwa anak-anak harus meminta izin kalau mau keluar kelas atau tidak masuk, guru pun harus mencontohkannya.
2.      Adakan pertemuan kelas secara berkala, terutama jika ada aturan yang perlu ditinjau kembali. Kohn (1996) mengungkapkan bahwa pertemuan kelas dapat berfungsi sebagai berikut :
a.       Tempat berbagi pengalaman antarsiswa dan atara guru-siswa.
b.      Tempat untuk mengambil keputusan, misalnya siswa sudah merasa bosan dengan susunan tempat duduk dan alat-alat lainnya
c.       Tempat untuk membuat rencana, misalnya pada akhir semester, kelas ingin berekreasi.
d.      Tempat untuk melakukan refleksi, yaitu merenungkan dan mengungkapkan perasaan tentang disiplin kelas yang sudah berlangsung. Misalnya tentang aturan mana yang dia nggap berat, yang sering dilanggar.
Hampir tidak pernaha ada atau jarang sekali guru mengadakan pertemuan kelas untuk membahas soal disiplin/peraturan kelas. Biasanya anak-anak hanya menerima saja peraturan yang sudah ada.
3.      Terapkan aturan secara fleksibel (luwes) sehingga siswa tidak merasa tertekan.
4.      Sesuaikan penerapan aturan dengan tingkat perkembangan anak.
5.      Libatkan siswa dalam membuat aturan kelas.


C.    STRATEGI PENANGANAN DISIPLIN KELAS

Banyak strategi dan teknik penanganan disiplin yang dipelajari dan diterapkan. Strategi ini dibagi menjadi 3 bagian sesuai dengan berat ringannya gangguan yang terjadi.

1.      Menangani Gangguan Ringan
Gangguan-gangguan ringan yang tidak sampai mengganggu kelas secara keseluruhan tentu sering terjadi. Gangguan ini jika dibiarkan akan berkembang menjadi gangguan berat.
Winzer (1995) menguraikan beberapa strategi yang dapat digunakan guru untuk mengatasi gangguan ringan, antara lain:
a.       Mengabaikan
b.      Menatap agak lama terhadap siswa yang melanggar.
c.       Menggunakan tanda nonverbal (gerakan tubuh; menggeleng, menunjuk, menaruh telunjuk diatas bibir, dll)
d.      Mendekati siswa yang melakukan pelanggaran.
e.       Memanggil nama untuk memulihkan disiplin kelas secara bijaksana.
f.       Mengabaikan secara sengaja, tidak menegurnya, mendekati atau menatapnya. (menganggap tidak ada)

2.      Menangani Gangguan Berat
Gangguan berat atau besar adalah pelanggaran yang dilakukan siswa yang dapat mempengaruhi siswa lain atau mengganggu jalannya pelajaran.
Winzer (1995) mengemukakan strateginya :
a.      Memberi hukuman
Dalam member hukuman, perhatikan hal-hal berikut ini:
1)      Gunakan hukuman hanya jika dianggap perlu saja.
2)      Mulailah dengan hukuman yang ringan seperti teguran
3)      Berikan hukuman secara adil sesuai tingkat pelanggaran
4)      Ketika memberikan hukuman, ajarkan dan contohkan apa yang semestinya dilakukan siswa
5)      Berhati-hati dalam memberikan hukuman, pertimbangkan dampaknya bagi siswa, orang tua, kepsek juga pengawas.
Sebaiknya hindari pemberian hukuman terutama hukuman badan. Jika terpaksa melakukan hukuman, pilihlah hukuman yang mendidik yang sesuai dengan tingkat pelanggaran dan kemampuan siswa.
b.      Melibatkan orang tua.
Untuk melibatkan orang tua, ada baiknya guru membuat laporan secar teratur kepada orang tua tentang kemajuan anaknya. Laporan ini bisa berupa buku penghubung antara orang tua dan guru. Jika siswa melakukan pelanggaran, guru dapat memberikan laporan khusus dan meminta orang tua ikut menangani masalah tersebut. Dan jika kemajuan/perbaikan sudah terjadi pada diri siswa, orang tua juga hendaknya diberi laporan.

3.      Menangani Perilaku Agresif
Perilaku agresif adalah perilaku menyerang yang ditunjukkan oleh siswa di dalam kelas. Misalnya ada siswa yang berteriak atau menyerang/menyakiti temannya atau bahkan menyerang guru. Atau mungkin ada siswa yang melontarkan kata-kata yang tidak senonoh sambil memukul-mukul meja.
Ada beberapa cara menangani perilaku yang demikian yang dikemukakan oleh Winzer (1995), yaitu:
a.      Mengubah/menukar teman duduk
b.      Jangan terjebak dalam konfrontasi atau perselisihan yang tidak perlu
c.       Jangan melayani siswa yang agresif ketika hati sedang panas
d.      Hindarkan diri dari mengucapkan kata-kata yang kasar atau bersifat menghina
e.       Konsultasi dengan pihak lain

Tidak ada komentar: