Fungsi
RPP
1.
Hipotetik
Dalam kegiatan mengamati,
guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya
mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat. Guru perlu
membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan: pertanyaan tentang
yang hasil pengamatan objek yang konkrit sampai kepada yang abstra berkenaan
dengan fakta, konsep, prosedur, atau pun hal lain yang lebih abstrak.
Pertanyaan yang bersifat faktual sampai kepada pertanyaan yang bersifat hipotetik yang terkait dengan hasil pengamatan terhadap objek
konkrit sampai abstrak yang berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, dan
generalisasi. Kegiatan mengajukan pertanyaan perlu dilakukan terus-menerus agar
siswa terlatih dalam mengajukan pertanyaan sehingga rasa ingin tahu berkembang.
Melalui kegiatan mengajukan pertanyaan siswa dapat memperoleh informasi lebiih
lanjut dari beragam sumber, baik dari guru , anak maupun sumber lainnya.
2.
Prediktif
Perencanaan
yang disusun secara benar dan akurat, dapat menggambarkan apa yang akan terjadi
setelah dilakukan suatu tindakan sesuai dengan program yang telah disusun.
Melalui fungsi prediktifnya, perencanaan dapat menggambarkan berbagai kesulitan
yang akan terjadi, dan menggambarkan hasil yang akan diperoleh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar