MODUL 9
RENCANA
PEMBELAJARAN
KEGIATAN BELAJAR
2
LANGKAH-LANGKAH
PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
A. KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
Komponen
RPP terdiri dari:
1.
Identitas
mata pelajaran
2.
Standar
Kompetensi
Kualifikasi kemampuan minimal peserta
didik yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester
3.
Kompetensi
Dasar
Kemampuan yang harus dikuasai peserta
didik
4.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang dapat diukur untuk menunjukkan
ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata
pelajaran
5.
Tujuan
Pembelajaran
Mengambarkan proses dan hasil belajar
yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
6.
Materi
Ajar
Fakta, konsep, prinsip, dan prosedur
yang relevan
7.
Alokasi
Waktu
8.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran disesuaikan dan
kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi
yang hendak dicapai
9.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan
Merupakan kegiatan awal untuk
membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik
b.
Inti
Proses pembelajaran untuk mencapai KD
dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi,
dan konfirmasi
c.
Penutup
Mengakhiri aktivitas pembelajaran dalam
bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian, dan refleksi, impan balik, dan
tindak lanjut
10.
Penilaian
Hasil Belajar
Disesuaikan dengan indicator pencapaian
kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian
11.
Sumber
Belajar
B. LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN RENCANA
PEMBELAJARAN
Untuk
menyusun rencana pembelajaran yaitu sebagai berikut:
1.
Perumusan
Tujuan
a.
Tujuan
pendidikan nasional
Merupakan tujuan yang sifatnya umum dan
berlaku untuk semua pendidikan yang ada di Indonesia
b.
Tujuan
intitusional/lembaga
Merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh
setiap sekolah atau lembaga pendidikan
c.
Tujuan
kurikuler
d.
Tujuan
pembelajaran
Tujuan yang ingin dicapai dari setiap
kegiatan pembelajaran:
1)
Tujuan
Pembelajaran Umum (TPU)
2)
Tujuan
Pembelajaran Khusus (TPK)
Mengacu kepada empat criteria, yaitu
ABCD: A= Audience, B=Behavior, C=Condition, dan D= Degree
TPK dikatakan baik bila
memenuhi criteria sebagai berikut:
a)
Menggunakan
kata kerja operasional
b)
Harus
dalam bentuk hasil belajar
c)
Harus
berbentuk tingkah laku siswa, bukan tingkah laku guru
d)
Hanya
meliputi satu jenis kemampuan, agar mudah dalam menilai pencapaian tujuan
2.
Perencanaan
Materi Pelajaran
a.
Materi
pelajaran hendaknya sesuai dan menunjang terhadap tercapainya tujuan
pembelajaran
b.
Materi
pelajaran hendaknya sesuai dengan tingkat pendidikan dan perkembangan siswa
pada umumnya
c.
Materi
pelajaran hendaknya terorganisasi secara sistematis dan berkesinambungan
d.
Materi
pelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang bersifat factual maupun konseptual
Hal yang perlu
diperhatikan dalam memilih dan menetapkan materi pelajaran, yaitu:
a.
Tujuan
pembelajaran
b.
Pentingnya
bahan
c.
Nilai
praktis
d.
Tingkat
perkembangan peserta didik
e.
Tata
urutan
Isi kurikulum
atau bahan pembelajaran dapat dikategorikan menjadikan 6 jenis yaitu:
a.
Fakta,
yaitu sesuatu yang telah terjadi atau telah dialami/dikerjakan
b.
Konsep/teori,
yaitu suatu idea atau gagasan atau suatu pengertian umum
c.
Prinsip
merupakan suatu aturan/kaidah untuk melakukan sesuatu
d.
Proses
adalah serangkaian gerakan, perubahan, perkembangan atau suatu cara/prosedur
e.
Nilai
adalah suatu pola, ukuran/norma
f.
Keterampilan
adalah suatu kemampuan untuk berbuat sesuatu
3.
Perencanaan
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
guru
Bentuk kegiatan guru tergantung kepada
jenis-jenis metode pembelajaran yang akan digunakan
b.
Kegiatan
SIswa
Kegiatan siswa pu tergantung pada jenis-jenis metode
pembelajaran yang digunakan oleh guru
Tahapan kegiatan pembelajaran
meliputi 4 tahapan:
a.
Tahapan
persiapan
b.
Tahap
pelaksanaan
c.
Tahap
evaluasi
d.
Tahap
tindak lanjut
4.
Pengembangan
Alat Evaluasi
Secara umum, evaluasi pembelajaran dapat
dibagi menjadi dua, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Kriteria yang
sering digunakan dalam evaluasi pembelajaran ada dua macam, yaitu PAP
(penilaian acuan patokan) dan PAN (penilaian acuan norma). PAP adalah criteria
penilaian berdasarkna patokan tertentu. PAN adalah criteria penilaian yang
didasarkan pada norma kelompok
C. FORMAT ATAU BENTUK RENCANA PEMBELAJARAN
Format yang biasa dipakai dalam
penyusunan RPP yaitu format/bentuk deskriptif dan format/bentuk lajur. Pada
umumnya, RPP disusun dengan menggunakan format deskriptif dan untuk silabus
biasanya disusun dengan menggunakan format lajur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar